Search for collections on my repository

HUBUNGAN KUALITAS SISTEM PENDAFTARAN ONLINE TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI KLINISIA PADA PASIEN UMUM DI PUSKESMAS KECAMATAN CIRACAS TAHUN 2025

Silviani, Silviani (2025) HUBUNGAN KUALITAS SISTEM PENDAFTARAN ONLINE TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI KLINISIA PADA PASIEN UMUM DI PUSKESMAS KECAMATAN CIRACAS TAHUN 2025. Other thesis, STIKES RS HUSADA.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[thumbnail of BAB 6,7,8.pdf] Text
BAB 6,7,8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Transformasi digital di bidang kesehatan telah mendorong pemanfaatan teknologi informasi dalam peningkatan mutu layanan, termasuk melalui sistem pendaftaran online di Puskesmas. Namun, pelaksanaan sistem ini masih menghadapi berbagai tantangan, seperti tampilan aplikasi yang kurang menarik,proses registrasi yang sulit, dan terbatasnya pilihan layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas sistem pendaftaran online pada aplikasi Klinisia dengan kepuasan pengguna di Puskesmas Kecamatan Ciracas tahun 2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 376 responden dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian responden terhadap dimensi kualitas sistem adalah sebagai berikut: Fleksibilitas (Flexibility) kategori baik 87,2% dan kurang baik 12,8% Keandalan (Reliability) baik 87,8% dan kurang baik 12,2%; Integrasi Sistem (System Integration) baik 88,3% dan kurang baik 11,7%, Aksesibilitas Sistem (System Accessibility) baik 90,4% dan kurang baik 9,6%, serta Kecepatan Respons (Response Time) baik 90,4% dan kurang baik 9,6%. Uji statistik menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara seluruh dimensi kualitas sistem dengan kepuasan pengguna aplikasi Klinisia (P Value < 0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kualitas sistem pendaftaran online memiliki hubungan yang signifikan dengan kepuasan pasien, serta berkontribusi dalam mempercepat proses layanan dan meningkatkan efektivitas pelayanan di Puskesmas.

Kata Kunci : Kualitas Sistem, Pendaftaran Online, Kepuasan, Pelayanan
Kesehatan, Puskesmas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Sarjana Administrasi Kesehatan
Depositing User: Silviani
Date Deposited: 08 Aug 2025 10:23
Last Modified: 08 Aug 2025 10:23
URI: http://repository.stikesrshusada.ac.id/id/eprint/3533

Actions (login required)

View Item
View Item