Rosliany, Nia PELATIHAN OBJECTIVE STRUCTURED CLINICAL EXAMINATION (OSCE) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KESIAPAN PROGRAM EXIT-EXAM MAHASISWA KEPERAWATAN. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Buguh, 3 (1). ISSN 2776-3749
![[thumbnail of Cover, editorial, daftar isi.pdf]](http://repository.stikesrshusada.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover, editorial, daftar isi.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of Manuskrip Pelatihan OSCE.pdf]](http://repository.stikesrshusada.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Manuskrip Pelatihan OSCE.pdf
Download (333kB)
Abstract
Objective Structured Clinical Examination (OSCE) merupakan metode untuk menguji kompetensi klinik secara objektif dan terstruktur dalam bentuk putaran/station dengan waktu tertentu. Artikel ini berupaya memberikan gambaran dan penjelasan terkait program pelatihan OSCE standar nasional secara komprehensif terhadap pengetahuan dosen. Penulisan artikel ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model deskriptif-analitik. Hasilnya pengetahuan dan wawasan dosen meningkat dalam hal metode penilaian ujian keterampilan klinik dengan pendekatan OSCE. Hal ini dibuktikan dengan nilai pre-test dan post-test yang menunjukkan pengetahuan dosen terkait OSCE rata-ratanya mengalami rerata kenaikan pengetahuan setelah melakukan pelatihan OSCE sebesar 35,29%. Selain itu, dosen juga dapat mengaplikasikan dan merancang model ujian keterampilan klinik dengan OSCE di laboratorium keperawatan, sehingga dapat mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi Exit-Exam. Mahasiswa keperawatan yang terlibat dalam pelatihan OSCE ini juga mendapatkan manfaat berupa pengalaman nyata dalam melakukan ujian keterampilan klinik secara komprehensif. Artikel ini juga berkontribusi bagi institusi pendidikan keperawatan untuk menerapkan metode OSCE dalam ujian keterampilan klinik sebagai upaya meningkatkan kesiapan mahasiswa dalam program Exit-Exam.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Nia Rosliany |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 00:55 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 00:55 |
URI: | http://repository.stikesrshusada.ac.id/id/eprint/1304 |